Peserta UKW Asal Sultra Antusias Menjalani Pembekalan PWI Pusat

Kendari585 Dilihat

HarianSultra.com, Kendari – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik pra UKW secara daring, pada Kamis, (16/5/2024).

Kegiatan pembekalan UKW ini dibuka secara langsung oleh ketua PWI, Hendry Ch Bangun dan dikuti puluhan peserta dari tiga Provinsi yakni Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah mulai dari tingkatan Muda, Madya dan Utama. Untuk PWI Sultra, ada 33 peserta mengikuti pelatihan jurnalis pra UKW Masing-masing Muda 16 peserta, Madya 11 peserta, dan Utama 6 peserta.

Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan pemberian materi tentang Kode Etik Jurnalistik, Hukum Pers, Penulisan Berita, dan Fotografi Jurnalistik disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu praktisi jurnalistik senior, dan anggota Dewan Pers diantaranya Direktur UKW DR Firdaus Komar, Penguji Uyun Ahdiat dan M Nasir.

Pantauan HarianSultra.com, puluhan peserta UKW PWI Sultra sangat antusias mengikuti pelatihan jurnalistik pra UKW. Hal ini terlihat para peserta masi tetap semangat dengan banyak mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab disetiap materi.

Semangat peserta UKW asal Sultra pada pelatihan ini mendapat apresiasi dari Ketua PWI Sultra, Sarjono. Ia juga mengatakan UKW merupakan tolak ukur profesionalitas wartawan dalam menjalankan tugasnya.

“Saya sangat pengapresiasi atas semangat dan antusias teman-teman dalam mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik pra UKW. Namun, saya tekankan UKW bukan hanya seremonial, tapi tolok ukur profesionalitas wartawan. Wartawan yang kompeten adalah wartawan yang menguasai kode etik dan hukum pers, serta mampu menulis berita yang akurat dan berimbang,” jelas Sarjono.

Salah satu peserta, Puput Harianti, menyambut baik pembekalan sebagai persiapan menghadapi UKW yang direncanakan bakal digelar pada 27 sampai 28 Mei 2024 mendatang di Kendari. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi bekal menuju wartawan yang profesional.

“Materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang jurnalistik. Saya berharap dengan mengikuti pra UKW saya dapat lebih siap untuk mengikuti ujian kompetensi dan menjadi wartawan yang profesional,” harap Puput Redaktur dari Koran Harian Rakyat Sultra.(Marwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *