Mewakili Pj Gubernur pada Forum ITS Asia Pasifik, Sekda Sultra Sampaikan Sejumlah Pesan Wapres

Berita392 Dilihat

HarianSultra.com, Jakarta – Mewakili Pj Gubernur pada Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum, Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD menyampaikan sejumlah pesan Wakil Presiden RI.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Selasa (28/5/2024) tersebut, mengusung tema “Transformation Towards A Sustainable and Intelligent Urban Mobility” atau Transformasi Menuju Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas, yang tergelar sejak 28 hingga 30 Mei 2024, bertempat di Jakarta Convention Centre.

Sekda Sultra ini mengatakan bahwa dalam arahan Wapres RI, tema tersebut sejalan dengan upaya pemerintah, yang tiada henti terus mengembangkan Sistem Transportasi Cerdas, diantaranya melalui penetapan kebijakan standar mobil listrik, program insentif kendaraan listrik, dan program pendorong transisi lainnya.

Menurut Wapres RI yang diungkapkan Sekda Sultra, melalui berbagai upaya tersebut, pemerintah juga turut menerapkan Sistem Transportasi Cerdas ke dalam infrastruktur modern di Indonesia, dalam rangka menguatkan ekonomi dan meningkatkan daya saing dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan melalui pemenuhan target nol emisi karbon sebagai upaya mencapai visi Indonesia Emas 2045.

“Melalui momen ITS Asia Pasifik Forum 2024, Wapres RI memberikan sejumlah arahan guna mempercepat penerapan Sistem Transportasi Cerdas di Indonesia,” ucap Sekda Sultra ini.
Pertama, mampu mengadopsi strategi dari negara lain dan menyesuaikan dengan kondisi daerah.

Kedua, melakukan kolaborasi lintas sector antar pemerintah, swasta, maupun akademisi menuju solusi komprehensif terhadap mobilitas perkotaan.

Ketiga, literasi publik agar terus ditingkatkan baik melalui publikasi maupun edukasi, agar penggunaan transportasi cerdas, sehingga masyarakat lebih mamahami manfaatnya.

Empat, agar setiap orang maupun negara bisa memanfaatkan, maka perlu penerapan perkembangan teknologi transportasi secara inklusif dan berkeadilan.

Kelima, diharapkan forum tersebut menghasilkan rekomendasi konkret bagi seluruh negara anggota ITS Asia Pasifik, sehingga berdampak positif bagi kemajuan dunia.

Selain itu, Sekda Sultra juga menyampaikan pesan Sekretaris Jenderal ITS Asia Pasifik, Akio Yamamoto, dimana sustainability merupakan kata kunci penting dalam membangun Sistem Transportasi Cerdas.

Dalam laporannya, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, Forum ITS Asia Pasifik ke-19 bertujuan memfasilitasi kolaborasi antara pemerintah, swasta, akademisi, dan masyarakat sipil di industri transportasi.

Untuk itu, lanjutnya, partisipasi aktif dari para peserta sangat dibutuhkan untuk mengembangkan solusi dan kerangka kolaborasi transportasi cerdas dan konektivitas tanpa batas.

Selain Hadir pada acara ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid, para Menteri Transportasi Negara Anggota ITS Asia Pasifik beserta delegasi, serta para Duta Besar Negara Sahabat dan Pimpinan Organisasi Internasional.

Sekda Sultra menerangkan, dalam kegitan tersebut selain dihadiri Gubernur dari 38 Provinsi se Indonesia atau yang mewakili, juga para menteri transportasi dari negara-negara yang ada di kawasan Asia Pasific, para duta besar negara asing di Jakarta, BUMN, BUMD, sektor swasta, pimpinan organisasi internasional.

Terkait perhelatan berskala internasional tersebut, Sekda Sultra mengungkapkan rasa bangganya, sebab negara tercinta Indonesia kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah ITS Asia Pacific Forum Tahun 2024.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut, Wapres RI didampingi sejumlah pejabat negara, diantaranya Kepala Sekretariat Wapres Prof. Ahmad Erani Yustika,S.E, MSc, PhD, Sapto Harjono Wahjoe Soejati, S.Sos., M.A, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.(Red/Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *