Bupati Surunuddin Dangga Lepas 116 Jema’ah Haji Konawe Selatan

Konawe Selatan431 Dilihat

HarianSultra.com, Konsel – Bupati H Surunuddin Dangga ST MM Melepas 116 Jema’ah Haji asal Konawe Selatan di Rujab Bupati, Selasa, (28/5/2024).

Dalam sambutannya, Bupati H Surunuddin Dangga mengatakan, jemaah calon haji di Konsel pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, banyak peminat jemaah haji namun belum mendapat panggilan.

“Tentunya sebagai pimpinan daerah kami ucapkan selamat kepada bapak ibu yang terpanggil untuk menunaikan rukun Islam yang kelima,”ucapnya.

Dirinya berharap, seluruh jemaah yang berangkat pada tahun ini agar menjadi haji yang mabrur dengan menjalankan segala rukun-rukunnya dan yang terutama menjaga kesehatan.

“Rukun ibadah ini bisa berjalan dengan baik kalau kita sehat, olehnya itu, bapak ibu jaga kesehatan kalau tidak penting tidak usah keluar dari penginapan, terkecuali mendesak,”pinta orang nomor 1 di Konsel ini.

Menurutnya, haji merupakan simbol ekonomi, pasalnya kalau sudah mampu tidak melaksanakan perintah rukun Islam yang terakhir tentu menjadi pertanyaan.

“Sekali lagi saya ucapkan jaga kesehatan kekompakan, semoga Allah meridhoi perjalanan jemaah haji kali ini dan dapat menjalankan rukun-rukun haji yang sempurna,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Konawe Selatan, Drs H. Joko, M.Pd mengatakan, pada tahun ini jemaah haji sudah mulai merata disetiap kecamatan yang sebelumnya didominasi Kecamatan Tinanggea.

“Saat ini, prosedur juga semakin ketat, dimana kesehatan sangat diperhatikan dalam persyaratan, contohnya jemaah kita satu orang tidak berangkat haji dikarenakan sakit permanen sehingga total jadi 116 jemaah saja yang diberangkatkan. Tema haji pada tahun ini yaitu haji berkeadilan dan ramah lansia,” terang H Joko.

Ditempat yang sama, Panitia pemberangkatan haji, Hamlin S Ode Makka menjelaskan, jemaah calon haji akan berangkat ke Lembar Kasih Makassar pada Jum’at 31 Mei 2024 melalui asrama haji Lepo-lepo Kendari.

“Jemaah calon haji Konsel yang tergabung dalam kloter ke 29 akan diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi pada hari Ahad tanggal 2 Juli, dan jadwal kepulangan jemaah haji Insyallah akan tiba kembali di tanah air pada 14 Juli mendatang,” terang Hamlin.

Hamlin juga menyebut jumlah jemaah calon haji pada tahun ini sebanyak 116 orang yang terdiri dari laki-laki 42 dan jemaah perempuan 74 orang.

“Berdasarkan asal kecamatan, Tinanggea 15 orang, Benua dan Buke masing-masing 14 orang, Moramo dan Lalembuu masing-masing 9 orang, Laeya Konda dan Ranomeeto masing-masing 6 orang, Landono dan Angata masing-masing 5 orang, Kolono 4 orang, Palangga Selatan dan Laonti masing-masing 3 orang Andoolo dan Mowila masing-masing 2 orang, Palangga Andoolo Barat Baito dan Moramo Utara Masing-masing 1 orang. Jumlah 116 orang,” terang Hamlin.(Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *