Menparekraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Desa Wisata Labengki

Uncategorized442 Dilihat

Konawe Utara – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, berkunjung ke Desa Wisata Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat, (11/10/2024).

Kunjungan Menparekraf didampingi Pejabat Sementara Bupati Kabupaten Konawe Utara Drs La Ode Saifuddin M Si, Kadis Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, Sekda Konawe Utara, Kadis Kominfo Konawe Utara dan jajaran Kemenparekraf.

Kedatangan Menparekraf disambut dengan pemasangan topi, sarung, dan tas khas produk ekraf Desa Wisata Labengki. Lanjut memperkenalkan beberapa barang dan makanan olahan hasil kerajinan tangan masyarakat labengki. Kegiatan kunjungan ditutup dengan penjelasan singkat Pokdarwis terkait keunikan Desa Wisata Labengki serta keluhannya.

Diketahui, kunjungan Menparekraf terkait dengan finalisasi penjurian ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, dimana Labengki berhasil masuk dalam 50 Desa Wisata terbaik nasional.

Selain itu, kedatangan Menparekraf di Desa Labengki dalam rangka melihat langsung potensi alam, budaya serta daya tarik yang ada. Sebagaimana diketahui, Desa Wisata Pulau Labengki beberapa waktu lalu berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dari total 6.016 desa wisata yang terdaftar melalui platform resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf dengan tujuan mempromosikan desa wisata di Indonesia yang memiliki keunikan alam, budaya, dan atraksi tersendiri.

Selain itu, ajang ini juga berperan penting dalam mendorong pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berdampak positif terhadap perekonomian desa serta kelestarian lingkungan.

“Dengan begitu Desa Wisata Pulau Labengki akan semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Sultra,” kata Sandiaga Uno usai mendengarkan penjelasan sekilas Pokdarwis tentang Desa Wisata Labengki.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengungkapkan rasa takjubnya terhadap keindahan dan keunikan Desa Wisata Labengki.

“Setiap daerah memiliki keunikan yang berbeda, Pengalaman ini berbeda-beda tapi kalau saya menilai bagaimana situasi yang ada disini, saya bilang good, mantap.” katanya.

Usai dialog singkat bersama Pokdarwis Desa Wisata Labengki, Menparekraf langsung menuju Masjid untuk melaksanakan shalat Jum’at dan dilanjutkan dengan melakukan Diving di spot yang telah disiapkan oleh Tim pendamping.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *