Satlantas Polres Konsel Larang Truk Besar Melintas Untuk Kelancaran Arus Mudik dan Balik

Konawe Selatan588 Dilihat

HarianSultra.com, Konsel – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Konawe Selatan (Konsel) imbau pemilik dan sopir Dum Truk atau sejenisnya untuk tidak melakukan aktivitas selama arus mudik dan balik lebaran.

Imbauan itu disampaikan Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo melalui Kasat Lantas Iptu Usman. Ia mengatakan Rekayasa lalu lintas lebaran 2024 sesuai SKB tiga Menteri Nomor:KP- DRJD 1305 Tahun 2024,SKB/67/11/2024, 40/KPTS/Db/2024. Tentang pembatasan operasional angkutan barang di wilayah hukum masing-masing.

Menurutnya, selama operasi ketupat anoa 2024, Personil melaksanakan sosialisasi atau imbauan kepada pemilik kendaraan maupun sopir.

“Seperti Dan truk pengangkutan galian tanah, pasir, batu, hasil tambang dan bahan bangunan. Adapun waktu pemberlakuan dimulai sejak 5 April pukul 09:00 sampai dengan Selasa, 16 April 2024,” terang Usman

Dia menjelaskan, Upaya ini dilakukan Satlantas Polres Konsel guna menciptakan kelancaran arus lalu lintas mudik jelang lebaran dan sesudah lebaran.

“Selain menghindari terjadinya kemacetan, ini juga untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas atau Lakalantas,” jelasnya.

Begitupun di pelabuhan, kata Usman, kendaraan yang akan naik ke kapal ferry, bakal memprioritaskan kendaraan pemudik dibanding Dam truk. Kecuali, truk pengangkut pangan seperti sembako, sayuran dan ternak.

“Pemberhentian aktivitas Dan truk roda 10 mulai diberlakukan H-3 sebelum dan sesudah lebaran, yakni ini tiga hari sebelum lebaran dan tiga hari setelah lebaran. Sanksi tilang akan dikenakan bagi pengemudi yang tak mengindahkan imbauan tersebut, ” tegasnya.

Ditempat terpisah, Kanit Turjawali Iptu Abdul Waris melaporkan kondisi arus mudik saat ini, masih terlihat landai, belum menunjukan terjadinya kepadatan dan kemacetan. Diprediksi kepadatan arus mudik diperkirakan terjadi mines 3 lebaran.

“Begitupun kondisi di pelabuhan Torobolu,masih terpantau aman dan terkendali. Kami juga menghimbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati, tidak ugal-ugalan dengan tetap selalu mengutamakan keselamatan,” harapnya.(Red/Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *