Rutan Unaaha Perkenalkan Inovasi Unggulan “Curhat-Pi” ke TPI Inpektorat Jenderal

Konawe586 Dilihat

HarianSultra.com, Unaaha – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha mengikuti kegiatan Desk evaluasi pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani /(WBBM) Tahun 2024.

Dalam kegiatan itu, Rutan Unaaha memaparkan pembangunan Zona Integritas dengan memperkenalkan Inovasi unggulannya Curhat-Pi kepada Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal, di Aula Rutan Unaaha, Sabtu, (18/5/2024).

Kepala Rutan Unaaha, Heri Kusbandono menjelaskan Curhat-Pi adalah Curahan Hati Narapidana atau Layanan Konseling Bagi Warga Binaan Untuk bercerita dari hati ke hati kepada petugas mengenai permasalahan yang dihadapi.

Menurutnya, program konseling terhadap warga binaan masih sangat minim padahal jika dikaji lebih dalam kesehatan mental merupakan hal yang fundamental terhadap pembentukan karakter dan kesuksesan dalam pembinaan Warga Binaan.

“Kurangnya kualitas layanan konseling di rumah tahanan masih menjadi isu yang kurang diperhatikan saat ini. Padahal warga binaan mengharapkan jenis layanan yang lebih masuk ke dalam sisi emosional dan personal mereka seperti layanan bimbingan dan konseling,” jelas Heri.

Sehingga, lanjut Heri, dengan hadirnya inovasi Curhat- PI diharapkan Konsultasi dan Konseling dapat membantu Warga Binaaan menyelesaikan masalah dan keluhan, terutama yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sosial, dan Perilaku.

“Setiap orang yang masuk kedalam Rutan pasti akan down, banyak hal yang menjadi beban pikirannya, baik keluarga , ekonomi , pidana yang di hadapi, yang bisa bikin tahanan tersebut stres. Dari migitasi risiko itu Rutan Unaaha menciptakan Inovasi Curhat-Pi. Dengan konseling ini diharapkan beban mental healt mereka bisa dikurangi sehingga tahanan nantinya bisa fokus untuk menjalani hukuman dan pembinaan di dalam Rutan,” harap Heri.

Hery menambahkan, bimbingan konseling diberikan melalui pendampingan konseling rohani dan mental yang diharapkan mampu memberikan dukungan secara spiritual kepada warga binaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Diketahui, Selain Curhat-PI, Rutan Unaaha juga menjelaskan beberapa Inovasi layanan lainnya yang ada di Rutan Unaaha, seperti SI-Pakem, Si Pengki, Alkhafi time dan Teporombi.(Red/Marwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *