Lahan Sawah di Konkep Minim Pemamfaatan

Lahan Sawah di Konkep Minim Pemamfaatan

800
0
BERBAGI

Langara, Harian Sultra

Pejabat (Pj) Bupati Konawe Kepulauan, Muh. Nur Sinapoy mengakui bahwa lahan sawah seluas 8 hektar yang tersedia masih belum bisa dimamfaatkan dengan baik oleh masyarakat setempat.

Minimnya pengetahuan tentang pengolahan sawah serta belum tersedianya alat persawahan membuat ribuan hektar sawah menganggur. Seharusnya sudah sejak lama lahan sawah di pulau Wawonii ini dikelola, namun karena tidak adanya dukungan pemerintah induk yakni Konawe maka lahan sawah tak terkelola dengan baik.

“Kita memiliki 8 hektar sawah dan yang terkelola baru sekitar 40 persen. Olehnya itu dengan mekarnya pulau Wawonii menjadi kabupaten tersediri bisa memberikan kemandirian dan kemajuan dalam memamfaatkan segala potensi alamnya, “ungkapnya akhir pekan lalu saat menerima kunjungan Danrem Halu Oleo Kendari.

Mantan Sekda Konawe ini juga berharap kepada semua warga Konkep untuk bersama-sama bekerja untuk kemajuan daerah kaya akan potensi alamnya ini. “Tahun ini sudah ada anggaran miliaran untuk optimalisasi persawahan kita, “tambahnya.

Dijelaskannya, pengadaan alat cetak sawah, pengairan serta kebutuhan persawahan harus sudah tersedia tahun ini. Kemudian sektor lain berupa perkebunan juga menjadi perhatian khusus.

“Saat ini PLN sudah kita ajak kerja sama agar dalam wilayah ibukota kita sudah harus menyala lampunya selama 24 jam. Ini semua untuk peningkatan industri rumah tangga, “tukasnya. (P-9/DN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY