Pusat Oleh-oleh Khas Kendari Kian Menjamur

Pusat Oleh-oleh Khas Kendari Kian Menjamur

5152
0
BERBAGI
Ketgam: Jambu mete, salah satu cendramata khas Kota Kendari.

Kendari, Harian Sultra

Dewasa ini, pusat penjualan oleh-oleh khas Kendari  kian menjamur, hal tersebut dilatar belakangi perkembangan Kota Kendari yang terus mengalami kemajuan, dan tingkat kunjungan turis baik domestic maupun asing yang trendnya terus naik.

Kondisi tersebut mendorong beberapa pengusaha UMKM berlomba-lomba menjual home industry yang merupakan cendra mata khas kota teluk ini, yang saat ini bisa ditemukan di setiap sudut kota.

Kadis Perindagkop dan UMKM Koendari, Syam Alam kepada Harian Sultra mengatakan,  lima tahun terakhir produk UKM di kota ini mengisi peluang besar untuk tamu-tamu dari daerah lain. Perkembangannya sudah memasuki pada pasar-pasar modern, hal ini merupakan dinamika yang terbentuk ditengah perekonomian Sultra yang semakin tinggi.

“Respon pasar cukup tinggi dan produk kita memiliki ciri khas, walaupun secara umum berbentuk home industry dan dikemas dalam bentuk pangan seperti jambu mete,” ujar Syam Alam, Kamis (7/5).

Terkait kendala, kata dia, yang dialami pelaku UMKM sangat kompleks, sehingga pihaknya  intens melakukan pendekatan kepada para pelaku usaha,08 melalui pelatihan dengan mendatangkan instruktur yang telah sukses dari daerah Jawa.

“Selain itu, kami juga mendampingi mereka (pengusaha red) dalam hal pemasaran, seperti mempertemukan langsung dengan pengusaha retail besar,” jelasnya.

Dalam setiap kesempatan, lanjut Syam Alam, pelaku usaha kerap diikutkan dalam kegaiatan pameran yang digelar di luar daerah, seperti Jakarta, Surabaya,Mataram dan Bali. Hal itu dilakukan untuk semakin mendewasakan  serta memandirikan pengusaha lokal, dalam mengembangkan usaha yang dirintis.

Bahkan kami juga membentuk asosiasiUMKM sebagai wadah untuk melakukan pengembangan sektor usaha, permodalan dan pembinaan manajemen,” terangnya. (P-1/Rd))

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY