Menengok Penggerebekkan Illegal Loging Sampolawa

Menengok Penggerebekkan Illegal Loging Sampolawa

321
0
BERBAGI

Tiga Mesin Senso dan Ratusan Batang Kayu Jati di Amankan petugas

Kejahatan Illegal Logingatau pembalakkan liar kayu jati di Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan (Busel) selama ini, selain tercatat kebal hokum para pelakunya, juga merupakan tindakkan kejahatan yang melanggar ketentuan hukum PerUndang-Undangan Kehutanan-RI. Karena itu, selayaknya Bupati Busel HM Faisal SE MS menjadi berang. Bahkan bersama puluhan anggota  TNI, bukan Polisi, melakukan penggerebekkan.

Hasilnya, sinifikan ratusan batang kayu jadi, berikut 3 unit mesin Senso yang disita oleh tim.

Bagaimana kisah penggerebekkan yang dipimpin langsung oleh Bupati Busel itu.

Berikut Laporan : Gino. SM.

(Busel)

Pada penggrebekan pembalakkan liar oleh Bupati Busel bersama petugas TNI dan Sat Pol-PP, sesungguhnya aparat hukum lain patut malu, Karena kejahatan tersebut, kecuali Bupati Busel yang berhasil menyita ratusan kubik kayu jati dan tiga unit mesin senso milik oknum pelaku pembalakan.

Demikian dikatakan, sejumlah masyarakat yang turut diamini oleh Bupati Busel HM Faisal SE MS kepada media ini, ketika dihubungi di Tempat Kejadian Perkara (TKP), di Sampolawa Sabtu (9/4).

Faisal menegaskan, Illegal loging kayu jati di Sampolawa sudah cukup lama didapatkan informsinya, ketika ia bertugas di Kendari, Ironinya dalam 3 bulan tak perna mendapat informasi akan maraknya kejahatan tersebut.

Karena itu, selain Ia menjadi kaget akan masifnya kegiatan Illegal Kayu Jati, juga menjadi heran, karena pelakunya Illegal fishing terang-terangan melakukan pembalakkan kayu jati. Ironinya lagi, kepala wilayah kecamatan sebagai pemerintahan tertinggi dikecamatan, nyaris Ia menjadi korban pembacokkan oknum-oknum kalangan pembalakkan liar.

Dari hasil sejumlah investigasi di TKP, selain tim penertiban yang dipimpin langsung Bupati Busel HM Faisal, menemukan sejumlah barang bukti, juga perbuatan oknum-oknum ini tampak teroganisir oleh oknum petugas pemerintah. Ironinya lagi para pembalak liar, terang-terangan melakukan pemotongan kayu jati didepan umum padahal usia kayu itu, sudah mencapai ratusan

 “Dengan beraninya para illegal loging ini, melakukan pembalakkan liar didepan umum, membuat saya menilai bahwa beraninya oknum-oknum tersebut melakukan kegiatan illegal karena ada backingnya”, tegas Faisal.

Faisal menambahkan, pembalakkan liar kayu jati di Sampolawa itu, selain mempertontonkan kekebalan hukum didepan public juga merupakan suatu tindakkan pelanggaran undang-undang kehutanan. Karena itu, Negara harus hadir dan tidak boleh kalah, dengan pembalak liar. Sehingga selayaknya dihentikan, guna penataannya secara professional. Bagi yang jelas melanggar sudah sepatutnya di proses hukum.

“Pembalakkan liar yang diduga dibackingi oknum yang tidak bertanggung jawab itu, sepatutnya masyarakat yang berada disekitar hutan merasa dizalimi. Untuk itu, diminta kepada masyarakat untuk idak terprovokasi, dan percayakan urusan ini pada pemerintah”, katanya.

Hasil pantauan media ini di TKP selain tercatat ratusan pohon jati telah diotumbangkan dengan menggunakan mesin gergaji senso, juga barang bukti yang disita 3 mesin senso, dan ratusan batang kayu jati diamankan pihak Pemda Busel. (Gino. SM).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY