Kerusakan GI dan PLTU Sebabkan Pemadaman Bergilir

Kerusakan GI dan PLTU Sebabkan Pemadaman Bergilir

596
0
BERBAGI
Manager PLN Area, Abdul  Maulah. Foto Ikas

Kendari, Harian Sultra

Menanggapi keluhan warga Kota Kendari terkait kebijakn PLN areal Kendari, yang melakukan pemadaman listrik secara bergilir, Manager PLN areal Kendari, Abdul Maulah kepada Harian Sultra menjelaskan terkait penyebab pemadaman bergilir tersebut.

Dikatakan, pemadaman listrik  disebabkan adanya kerusakan pada salah satu gardu induk (GI), yang terletak di Kecamatan Puwatu sehingga menyebabkan putusnya aliran listrik menuju PLTU. Akibatnya  satu unit PLTU terganggu, sedangkan yang satunya lagi mengalami gangguan yang sama pada saat running akibat dari pengaruh PLTU yang satunya.

“Hal ini terjadi saat petir yang berkekuatan cukup besar pada Sabtu lalu (18/4), sehingga menyambar salah satu GI di daerah Puuwatu, serta terjadi juga koslet di daerah Haebah,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Terkait pengaman, kata dia, pihaknya melengkapi sarana energi kelistrikan dengan sistem pengamanan, yang prinsip kerjanya langsung membuang ke bumi ketika terjadi korsleting akibat kejadian alam seperti petir. Hanya saja, kerusakan yang terjadi akhir pecan lalui diakuinya merupakan di luar dugaan.

“Kejadian itu tidak dapat kita prediksi sejauh mana kekuatannya, yang pasti saat ini kami masih sedang beupaya melakukan perbaikan,” jelasnya.

Ditambahkan,  pemadaman bergilir dilakukan setiap empat jam secara otomatis, sedangkan terkait jangka waktu pemadaman tersebut pihaknya belum bisa memberikan kepastian, karena perbaikan PLTU itu menunggu suplay  kebutuhan bahan dari pusat.

“Untuk kebutuhan perbaikan PLTU kita sudah lakukan pemesanan, dan hingga saat ini alat yang kita butuhkan itu belum tiba di Kendari,” tambahnya. (p1/mn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY