Jaringan Listrik di Desa Wajah Jaya Tak Pernah Dipasang Padahal Tiangnya Dipancang...

Jaringan Listrik di Desa Wajah Jaya Tak Pernah Dipasang Padahal Tiangnya Dipancang Sejak Tahun 2013 (Kecil)

517
0
BERBAGI
Ilustrasi

Lasalimu Selatan, Harian Sultra

Harapan masyarakat Desa Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton untuk menikmati listrik hingga saat ini belum juga dapat direalisasikan. Padahal sudah satu tahun lebih, sejak Tahun 2013 tiang-tiang listrik dan kabel-kabel listrik sudah dipasang dan berdiri tegak disisi-sisi jalan Desa Wajah Jaya, namun sampai saat ini listrik didesa tersebut belum juga menyala.

Saat ditemui di kediamannya, belum lama ini, Kepala Desa Wajah Jaya, Muhidin, mengatakan, belum menyalanya listrik di desanya karena hingga saat ini mesin pembangkit sebanyak enam buah yang ditempatkan di Desa Kinapani Kecamatan Lasalimu Selatan yang nantinya akan dioperasikan untuk memenuhi pasokan listrik di tiga wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Lasalimu Selatan, Lasalimu dan Kapontori sampai saat ini masih mengalami kendala.

 “Yang kami dengar, itu mesin yang akan digunakan masih mengalami kendala, soal kendalanya itu apa, kami juga tidak tau pasti, sehingga sampai sekarang belum bisa menyala, “katanya.

Lanjut Muhidin, pihaknya pernah menanyakan ke pihak PLN terkait hal tersebut, namun pihak PLN mengatakan, menunggu hingga mesin pembangkit tersebut selesai dikerjakan.

“Kita disampaikan itu tunggu saja pembangkit listrik yang sementara dikerjakan itu, karena kalau menggunakan mesin PLN yang sekarang tegangannya tidak mampu, tapi sudah satu tahun ini belum juga menyala kasian, “lanjutnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat Wajah Jaya terpaksa menggunakan pasokan listrik dari salah satu warga setempat dengan menggunakan genset kemudian disalurkan ke masyarakat dengan membayar iuran setiap bulannya.

“Mau tidak mau masyarakat disini menyambung di warga yang punya usaha generator, daripada tidak ada lampu, meskipun menyala itu hanya malam hari saja, “tuturnya.

Olehnya itu, pihaknya (pemerintah Desa Wajah Jaya red) berharap kepada pemerintah Kabupaten Buton, khususnya pihak PLN agar bisa secepatnya diberikan pasokan listrik, karena listrik merupakan salah satu kebutuhan juga yang sifatnya penting.

“Ya kami berharaplah kepada pemerintah agar kami bisa secepatnya dapat listrik, karena kasiankan tiang-tiangnya sudah ada tapi listriknya belum menyala, “tutupnya penuh harap. (P-10/dn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY