Desa Warisan Abad 15 Siap Jadi Kampung KB

Desa Warisan Abad 15 Siap Jadi Kampung KB

322
0
BERBAGI

Wakatobi, Harian Sultra

Pilihan tepat untuk menjadikan Desa Liya Togo yang dikenal dengan warisan abad ke 15, Wangi wangi Selatan menjadi kampung Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan Pemerintah Pusat melalui BKKBN mendapat respon positif dari tokoh adat dan masyarakat setempat.

Kesiapan masyarakat terhadap program tersebut boleh terbilang serius. Ini ditunjukan dengan kehadiran meantuu Liya sebagai Pemimpin Adat Liya, La Ode Muhammad Ali  bersama  empat Kepala Desa Wilayah Liya Raya dalam rapat pemantapan bersama Pemda Wakatobi di baruga pusat pertemuan adat Desa Liya Togo, kemarin.

Dalam Rapat yang dipimpin Sekda wakatobi H. Sudjiton turut diikuti beberapa kepala SKPD lingkup Pemda Wakatobi  mengagendakan pemantapan kesiapan Pemda Wakatobi khususnya masyarakat Liya untuk menyambut program dari BKKBN ini agar bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

“Pencanangan kampung KB ini bukannya membatasi masyarakat untuk memiliki keturunan, namun bagaimana kita bisa merencanakan memiliki dengan baik agar berkualitas hidupnya. Baik dari segi ekonomi, pendidikan, sosial dan kebudayaannya bisa lebih sejahtera,” jelas Sudjiton dalam rapat itu.

Sudjiton menjelaskan lebih lanjut, Desa Liya Togo Dipilih sebagai pencanganan kampung KB cukup beralasan. Menurut dia, Desa Liya Togo memiliki karakter Budaya yang masih melekat dalam segi pembangunan manusianya. Serta peradabannya diakui oleh dunia sebagai warisan abad ke 15.

Pencanangan Desa Liya Togo sebagai Kampung KB rencananya akan dikukuhkan Kepala BKKBN pusat, Surya Chandra Surapaty bulan ini.(P8).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY