Calon TKI harus Melalui Prosedur

Calon TKI harus Melalui Prosedur

621
0
BERBAGI
Ilustrasi

Kendari, Harian Sultra:

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sultra harus melalui prosedur yang telah ditentukan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota. Hal tersebut Dikatakan Kepala Diknas Tenaga Kerja dan Transmigrasi SultraDrs. Armunanto, kepada Harian Sultra, Selasa (7/4).

Kalau tidak melalui prosedur maka tidak akan terjamin keamanannya TKI di luar negeri, jadi berdasarkan prosedur tersebut maka calon TKI Sultra proses keberangkatannya mereka harus melalui Pemda Sultra dan kabupaten/kota.

Dikatakan bagi calon TKI yang ingin mencari kerja di luar negeri harus melalui ketentuan yang berlaku yaitu dengan mendaftar melalui perekrutmen penempatan dan pelatihan tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS) di kabupaten dan selanjutnya harus ada rekomendasi dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra.

“Dengan ketentuan tersebut apabila tidak melalui prosedur atau melalui calo itu kepastiannya keberadaannya tidak akan terjamin, dan jelas akan diberlakukan sebagai tenaga kerja yang illegal, serta pengawasannya kurang dan jelas gajinya akan tertahan, itulah kalau melalui lembaga- lembaga yang tidak resmi terutama calo,”ungkap Armunanto.

Kemudian yang paling banyak, menurutnya adalah informal yakni pembantu rumah tangga (PRT) dengan tujuan timur tengah yakni, Oman, dan Kwait.

Harapanya kami dari pihak Diknas Tenaga Kerja dan Transmigrasi masyarakat Sultra yang ikut cari kerja di Luar Negeri harus melalui prosedur atau ketentuan antara lain melalui PPTKIS yang terdaftar atau yang diberikan rekomendasi oleh pemerintah baik provinsi maupun dari kabupaten/kota.

“Kalau melalui PPTKIS terdaftar atau diberikan rekomendasi dari Pemerintah, insya allah akan terjamin dan Jangan melalui calo orang perorang yang tidak melitigimasi yang sah ,”kata Armunanto. (P13/MN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY